Tuesday, April 15, 2014

Susahnya Nabung

Kenapa susah?
Bukannya nabung itu gampang ya?


Yaa,, inilah kelemahan gue.
Gue kerja udah dua tahun lebih dan kemampuan gue untuk menabung bener-bener minus. *yaelahh
Gue sampe harus mensiasati nabung ke rekening yang dipegang ama nyokap gue karna kan doi lebih kejam tu kalo soal duit #tipikalemakemak
Jadi gue perlu nangis bombay bener untuk ngambil si tabungan yang ada di nyokap gue.
Ini cukup berhasil.
Kenapa "cukup"?
Karna kadang-kadang nyokap gue juga ga tega kalo mata gue meringis-ringis pengen beli sepatu :D

Cara lain yang gue tempuh adalah bikin satu lagi account yang begitu gajian gue langsung misahin duit daily dan sisanya taruh di rekening ini. Jadi, duit daily ada di account bank utama dan sisanya ada di secondary account. Does it work? Untuk awal-awal sihh lancar jaya, sempet seneng ngeliat digitnya. tapiii,, lama kelamaan "ahh pake dulu deh buat beli ini, ntar nabung dobel deh bulan depannya" dan lama kelamaan .. ya gitu deh. Huks.

Cara lain lagi
*duhh serius deh,, gue beneran pengen banget jadi orang yang bisa nabung dan ga ngambil2 tabungan gue*
Like other people, gue bikin wishlist di akhir tahun 2012 bareng sama seorang temen yang juga ga pernah mencapai keinginannya dia. Kita bikin perjanjian dan tulis satu keinginan utama masing-masing plus gimana cara mothly reportnya plus benefit and resiko kalo ga capai target. dan lumayan banget loh kalo bisa achive, dapetlah tiket promo ke Bali PP.
Hasilnya? di bulan-bulan pertama gue semangat banget buat nabung, di tengah-tengah agak meloyo (bahasa apa nih vi!!) dan di akhir-akhir ga achive sama sekali. Bisa aja sih kalo gue langsung taruh THR di akhir bulan tapi kan itu curang dan gue ngerasa bukan tujuan gue buat menang kaya gitu #halah.
dan untungnya temen gue pun ga mencapai target! HAHAHAHAHA (ehh ini gimana bayar membayar hukumannyaaa)

dan tahun ini, biarpun udah masuk bulan ketiga, gue tetep optimis bisa nabung dan tentunya gue udah punya rencana keuangan gimana. Semoga ga cuma jadi rencana yaa. Amin

Btw, kalo ada yang punya ide gimana cara menabung yang efektif buat gue boleh loh dibagi.
Yang berhasil, gue kasih sesuatu dehhh~

Xoxo,

@pilosophia

1 comment:

  1. Kalau saya cara nya, langsung bagi porsi yang ingin di tabung ke rekening yang di buka khusus untuk menabung, dan minta ke bank supaya tabungan nya di pasif in a.k.a doorment, jadi mau ambil uang via slip pengambilan tunai pun sulit, dan kartu atm nya ga di aktifin . Dan nabung nya di bank yang jarangggg bggttt ada atm nya. It's work for me

    ReplyDelete

Feel free to leave your though